Menjadi lansia bukan berarti tak dapat produktif. Para lanjut usia pun juga tetap dapat aktif beraktivitas asal memperhatikan gizi dan juga kesehatan.

PT Kalbe Farma Tbk melewati Kalbe Ethical Costumer Care memperingati Hari Lanjut Usia Nasional di Surabaya Country tempat Jl Pahlawan, Ahad (14/5) bertajuk Senior Tetap Dapat. Acara diikuti ratusan lansia dari beragam komunitas. Diantaranya, Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) di Wonorejo, Komunitas Kopesas, atau Prolanis Pakis, dan juga yang lain.

Acara diisi dengan acara senam lanjut usia dan juga diskusi kesehatan yang memperkenalkan narasumber spesialis kedokteran jiwa, bernama Erika Vitri Yulianty, dan duta senior Influncer Surabaya, Murdjoko Kamdjodjo.

Murdjoko yang di tetapkan menjadi duta Senior Influncer Surabaya di usianya ke-64 tahun tetap aktif mengaktifkan beragam rutinitas. Dia mengaku ketika ini aktif mengajar sebanyak 30 kelompok senam. Artinya, dalam satu pekan Murdjoko tak pernah absen melatih senam.

“Sebab kita menjadi lansia mesti proaktif. Jangan hingga cuma bermalas-malasan. Mesti mempunyai inovasi. Saya mesti menjaga kesehatan sendiri dan juga rakyat dengan berolahraga,” ucap Murdjoko ketika ditemui Republika.co.id di sela-sela acara.

Awalnya, dia mengajak 1 per 1 tetangga-tetangganya di Rungkut Barata supaya mau ikut senam di Balai RW. Dahulu, peserta senam cuma 15 orang, sekarang berkembang menjadi 75 orang.

Senior Product Manager KECC, Meilany, berkata lansia mesti tetap memperhatikan kebutuhan dari nutrisi secara harian. Asupan yang di perhatikan yaitu karbohidrat, protein dan juga lemak mesti cukup. “Kadang-kadang yang di alami lansia nafsu makan kurang, malas makan, atau perncernaan kurang ataupun gigi tinggal sedikit akhirnya malas makan,” katanya.

Meilany pun juga memberi saran pada para lansia untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan olahraga teratur, berpikir positif, tak stres dan juga seringkali riang gembira. Sebab, pikiran yang positif akan mempengaruhi metabolisme badan.

Tetap Aktif dan juga Sehat Ketika Lansia
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *